08.12.00

Harus diakui, gua adalah salah satu korban "mama minta pulsa versi lain). Waktu itu gua ketipu ditelpon sama orang yang ngakunya kenalan gua. Salahnya gua, adalah menyebutkan nama ketika dia so' so'an nanya masa ga kenal suara saya. Atas nama engga-enak-an, dan sesungguhnya suaranya emang bener mirip sama kenalan gua di Google Classroom, yang kebetulan hari itu gua ga datang. Jadi, gua pikir dia telpon mau tanya ko ngga datang (ini salah gua yang kedua: kepedean).

Walaupun Sindikat Mama Minta Pulsa Sudah Ditangkap ..Ternyata Masih Ada Aja Yg Kena Tipu...
Sebelum gua tanya soal materi hari itu dan alasan kenapa gua ga hadir hari itu, udah keduluan sama dia minta tolong untuk beliin pulsa. Dia minta tolong untuk beliin pulsa 100ribu, awalnya gua sempet mikir ko "berani malu" nih orang baru kenal. Tapi segera gua singkirin karna emang di sekitar Balai Kartini itu ga ada counter pulsa. Agak ragu juga waktu mau belinya dan sempet-sempetnya gua mikir, kalo emang dia ga ganti, rugi juga gua. Akhirnya gua tanya aja, tar gantinya gimana, Mas?

Dia bilang nanti saya transfer balik ke kamu. Disitu kecurigaan gua makin jadi, karna sebetulnya minggu depannya masih ada kelas dan bisa ketemu. Seandainya dia bilang, minggu depan kita ketemu saya bayar, mungkin gua beli tuh pulsa 100ribu. Tapi karna jawaban dia bayarnya di transfer, bukannya di sana ada ATM center, kenapa dia ga beli lewat ATM aja? Dengan sedikit ngeles, gua bilang aja ya udah nanti saya ke counter sekarang lagi diliuar. Dengan harapan dia ga jadi minjem, karna buat gua jawabannya terlalu mencurigakan.

10menit kemudian, tuh orang telepon lagi. Masih juga minta tolong, kali ini dengan memelas karna dia bilang ga ada siapa siapa disini (salah gua ketiga: arti kalimat "ngga ada siapa siapa disini" terlalu luas artinya dan gua mikir dia ga ada kenalan lagi disitu ataupun Jakarta, karna dia orang Surabaya). Merasa ga enak, gua bilang aja ternyata ngga ada mas kalo 100, ngga cukup uang saya. Eh, dia malah bilang.. ya udah berapa aja. 50 juga ngga apa-apa. Maksa anjrit nih orang. Oh, ya udah. Tar saya ke counter mas, masih ada perlu bentar. Ya, gua mencoba untuk ngulur waktu lagi sambil mikir dan gua pun masih percaya kalo itu dia beneran. Kalo seandainya nih orang ga bayar, 50 pun rugi gua. Belum tentu dia malu kalo ketemu lagi. Tapi ga enak juga kalo ga nolongin, mungkin juga dia niat baik, ga mungkin juga nipu orang yang baru kenal yang bahkan bukan di tempat asal-asalan. Google Academy bro, masa iya sih ada orang kaya gitu? Tapi tetap aja mencurigakan buat gua.

Dan ga sampe 5 menit kemudian, dia telpon lagi. Kali ini setengah maksa, karna dia bilang mau telpon keluarganya. Damn! Gua juga ga enak karna dari tadi janji janji doang, tapi gimana ya.. Akhirnya gua putusin, oke kalo 100rb gua ga rela, 50rb pun ga rela. 20ribu masih bisa ditolerirlah. Gua bilang aja, mas saya cuma ada 20ribu, nanti mas minta tolong sama keluarganya aja buat beli pulsa. Dia iyahin. Terkirim lah 20ribu itu dengan penuh kerelaan. Terserah mau diganti apa ngga.

Konyolnya, 10-15 menit kemudian dia telpon lagi. Dan lo tau apa yang dia bilang? Mas, saya lagi di tempat pelelangan nih, ada motor murah banget cuma 6jutaan. Bisa pinjem sejuta dulu ga buat deposit (atau apa gitu). HAH!! di pelelangan?? Saat itu juga gua mikir gua udah ketipu. Berusaha untuk tetap tenang, gua tanya balik ke dia, dimana mas? Pelelangan?? Dia jawab, iya.. Ada ninja nih, uang saya ga cukup bisa pinjem dulu ga buat jaminan, dijual lagi untungnya lumayan. Bangsat nih orang. Gua cak aja, mas tempo hari kita ketemu dimana sih? Klik. Telepon ditutup dan gua resmi ketipu -walau 20ribu.

Dan ternyata, ketika pengalaman itu gua share sama temen gua yang kebetulan doi jaga counter pulsa. Dia cerita, kalo dulu pernah ada orang beli pulsa sampe sejuta. Dan ternyata dia ketipu, kaya dihipnotis gitu kayanya. Bahkan sampe pengen gade STNK katanya. Gila ga tuh!

Beberapa bulan setelah itu juga pernah ada temen kerja, yang kebetulan duduk di sebelah gua dan dapet telepon. Dia ibu-ibu, tanpa bermaksud nguping, gua ngerasa dia dapet telepon yang sama kaya gua dulu karna awalnya dia udah nanya, ini siapa yah? ngga terlalu kenal sih suaranya. Rudi yah? Hey, apa kabar.. bla..bla..bla.. dan akhirnya, nada suaranya memelan. Dia bilang, iya nanti aku usahain, tapi ga janji. Setelah dia tutup telepon, iseng gua godain. Cie.. ada yang janjian nih ye.. Dia bilang, boro boro janjian, orang ini kan kaya, tapi ko mau minjem duit ke aku yah. Setelah gua ngomong gitu, reflek gua bilang JANGAAAAN!! Penipuan tuh, gua ceritain pengalaman gua sebelumnya. Dia bilang, iya saya terlanjur sebut nama. Padahal dia (nama yang disebut) orang kaya. Ya, sekali korban sebut nama, pelaku akan terus menggunakan nama itu.

Belum berenti disini, sekian bulan kemudian datang lagi telpon orang macam gitu ke nomor gua. Pas gua angkat telepon, nada suaranya langsung kaya orang panik gitu. Mas, gua ditilang polisi nih. Bingung nih harus gimana. Gua tanya ini siapa? Dia jawab, yang tadi mas suruh belanja. Hah? Belanja muka lo.. klik. telepon gua tutup.

Sumber :
Akun FB Bayu Be

0 komentar:

Posting Komentar