15.05.00

Asus sudah menggunakan prosesor Intel di lini ponsel ZenFone sejak generasi pertama. Namun di ZenFone 3, Asus mulai meninggalkan pabrikan prosesor asal Amerika Serikat itu. 

Hal ini dikonfirmasi oleh CEO Asus Jerry Shen, yang menyebut keluarga ZenFone 3 akan ditenagai oleh dua varian prosesor. Yaitu 90% menggunakan Snapdragon besutan Qualcomm dan 10% memakai MediaTek. 

Padahal sebelumnya Asus selalu menggunakan prosesor Intel Atom di ZenFone varian tertingginya. Asus adalah satu dari sedikit pabrikan ponsel yang menggunakan prosesor Intel.

Alasan utama Asus melakukan hal itu adalah keputusan Intel yang menyetop pengembangan prosesor Atom untuk perangkat mobilenya, yaitu prosesor dengan kode SoFIA dan Broxton.

Intel baru-baru ini memang melakukan perubahan besar-besaran dalam rencana system on a chip (SoC). Dengan menyetop pengembangan produk berkode Broxton dan SoFIA, yang secara praktis artinya Intel meninggalkan pasar smartphone dan tablet.

Keputusan Intel ini disebut sebagai perubahan terbesar dalam strategi mobile Intel sejak mereka membentuknya satu dekade lalu. 

"Kami bisa mengkonfirmasi kalau perubahan ini mencakup penghentian platform Broxton juga SoFIA 3GX, SoFIA LTE dan SoFIA LTE2 yang membuat kami bisa mengalihkan sumber daya ke produk yang bisa memberikan pemasukan lebih besar dan mendukung strategi kami," tulis Intel dalam pernyataannya. (asj/ash) sumber

ZENFONE 3 Asus Nggak Pakai Intel Lagi
Asus zenfone 3

0 komentar:

Posting Komentar